[flashback] KINA GECESİ



KINA GECESİ ini tradisi di turki yang dilaksanakan semalam sebelum pernikahan, tradisi untuk melepas calon pengantin oleh orang tuanya....
klo di indonesia sama seperti adat siraman....
pada acara ini ada 2 model, model 1 bernyanyi2 dengan memasang lilin pada KINA (pacar mekah) yang nantinya pacar mekah ini dipakaikan di tangan calon pengantin, model 2 membacakan puji2an untuk ALLAH dan yang nantinya calon pengantin dipakaikan pacar mekah di tangannya...biasanya acara ini dihadiri para undangan.....

saya kebetulan bukan orang turki tapi keluarga suami ingin mengadakan acara ini, jadi keluarga suami berperan sebagai keluarga saya.... karena kami muslim kami ingin secara islami oleh karena itu untuk KINA GECESİ ini kami memakai model 2, kami membacakan puji2an kepada ALLAH malam itu.....karena saat itu saya belum ngerti betul bahasa turki sedangkan pujı2an itu dibacakan dalam bahasa turki, makanya saya diam saja (hanya mendengarkan).. kata orang biasanya calon pengantin menangis saat KINA GECESİ apalagi dengan dibacakan puji2an seperti itu (tapi saya tidak menangis karena belum ngerti benar bahasa turki  tapi memang terharu mendengarkannya)......saat dimulai acara, calon pengantin dipakaikan kerudung merah transparan...kemudian setelah dipakaikan KINA ditangannya, lalu kedua tangan dipakaikan semacam sarung tangan berwarna merah pula...lalu dibuka kerudungnya (seperti terlihat pada foto)

No comments:

Post a Comment

[Jual e-book] Aktivitas Seru Ramadan

Ramadan sebentar lagi... Kita sambut Ramadan dengan suka cita :) Ini lo ada ebook aktivitas yang seru untuk Ramadan. *** Aktivitas Seru Rama...