kesibukan ugd di alanya pada musim panas

MUSIM panas di Alanya sepertinya identik dengan suara ambulans yang lalu lalang di jalan. Karena setiap musim panas ambulans laku keras yang menyebabkan UGD pun menjadi penuh sesak. Mengapa demikian? Semenjak saya baru datang ke Alanya, ketika musim panas tiba setiap hari selalu terdengar sirine ambulans yang hilir mudik di jalan raya. Sehari bisa terdengar berkali-kali. Saya berasumsi bahwa terjadi kecelakaan.

Ternyata menurut suami memang setiap musim panas banyak terjadi kecelakaan bisa karena memang murni kecelakaan dan juga mungkin karena turis-turis yang mabuk. Berbicara soal turis, Alanya memang selalu penuh oleh turis ketika musim panas tiba karena Alanya merupakan salah satu tujuan wisata turis domestik atau mancanegara terutama dari Eropa. Jadi tidak aneh jika pada musim panas UGD akan penuh oleh turis pula.

Tahun-tahun yang lalu saya belum berpengalaman datang ke UGD saat musim panas, jadi belum tahu kondisi sebenarnya bagaimana. Tapi musim panas tahun 2009 anak saya mengalami panas tinggi sehingga menjelang tengah malam suami dan bapak mertua membawanya ke UGD di salah satu rumah sakit swasta. Asalnya saya tidak ikut karena saya pikir hanya dengan ayahnya pun bisa.Ternyata sudah sampai di sana anak saya merengek memanggil-manggil ibunya, oleh karena itu bapak mertua pun menjemput saya di rumah. Sesampainya di UGD barulah saya mengetahui keadaan UGD pada musim panas yang mana memang benar penuh oleh turis.

Ketika anak saya diperiksa oleh dokter di ruangan dengan pintu terbuka, salah satu dokter melihat-lihat keluar yang mana pasien turis yang baru berdatangan lagi, lagi, dan lagi. Dokter pun bilang “bu gece erken başladı” (malam ini lebih awal dimulainya). Mungkin biasanya pasien-pasien mulai berdatangan setelah tengah malan tapi malam itu sebelum tengah malam pun sudah kebanjiran pasien.

Ketika sedang menunggu hasil test lab (karena anak panas tinggi jadi langsung test urine dan test darah), melihat pasien turis yang lalu lalang di UGD, ada yang diplester jidatnya, ada yang tangannya diperban, ada yang jalan sempoyongan, ada yang menggunakan kursi roda, wah macam-macam pemandangannya turis semua. Macam-macam saja kelakuan para turis, bukannya menikmati liburan dengan baik malah nyasar ke UGD.

----------------------------

artikelku di tribun jabar: 
 

No comments:

Post a Comment

Hati-hati

Beberapa bulan lalu, ada 2 turis cantik (asal finland) datang ke toko saya. mereka masuk seperti yang terburu-buru. melihat-lihat tunik dan ...