[Part 2] Percepatan Proses Süresiz İkamet (PR)

Tiga bulan sudah terlalui tapi kartu ikamet yang katanya akan datang via pos itu tak kunjung datang juga. Saya minta suami untuk menanyakan ke kantor pos karena alamat pos untuk ikamet ini menggunakan alamat rumah yang mana kalo ada pos ke alamat ini sering tidak sampai.

Ketika ada tukang pos ke toko, suami bertanya ke tukang pos (TP) ini perihal pos ikamet. Alhamdulillah TP ini bisa diajak kerja sama. TP minta nama saya+alamat rumah dan toko+no hp suami. Dia akan koordinasi dengan bagian di kantor pos yang menangani pos ikamet. Jadi nanti ketika ada pos ikamet saya, akan langsung disampaikan ke toko.

Selain itu, saya pun meminta suami untuk menanyakan perihal ikamet saya ke Emniyet. Hari ini suami ada jadwal ke dokter gigi. Rencananya sehabis dari dokter gigi akan mampir ke Emniyet untuk menanyakan perihal ikamet saya.

Rupanya suami mampir ke kantor polisi di Saray Mah yang mana di sana terdapat gedung tambahan untuk Emniyet. Dari sana suami diberi selembar dokumen untuk diberikan ke Emniyet pusat (tempat saya mengajukan ikamet). Dokumen tersebut adalah untuk mempercepat proses. Kalau dalam proses kimia disebut katalis :D

Menurut info di Emniyet, proses süresiz ikamet ini lama. Bisa lebih dari 5 bulan. Karena ini bukan ikamet biasa/jangka pendek yang mana prosesnya cepat dan posnya bisa nyampe dalam waktu sebulan.

No comments:

Post a Comment

Hati-hati

Beberapa bulan lalu, ada 2 turis cantik (asal finland) datang ke toko saya. mereka masuk seperti yang terburu-buru. melihat-lihat tunik dan ...