Dentuman Meriam Tanda Memasuki Bulan Ramadan

Barusan terdengar 3 kali dentuman meriam dari Alanya Castle, menandakan besok akan memasuki bulan Ramadan dan menjalankan ibadah puasa bagi umat Islam.

Dentuman meriam sebagai tanda untuk memasuki bulan Ramadan merupakan tradisi yang sudah berlangsung sejak zaman kesultanan Ottoman berkuasa di Turki. Tradisi ini masih diperlihara hingga sekarang. Memang terdengar aneh, ada dentuman meriam pada masa kini. Tapi inilah keunikan salah satu tradisi di sini.

Beberapa tahun yang lalu ketika pertama kali saya mendengar suara dentuman tersebut, tentunya saya tidak mengerti. Saya bertanya-tanya apa yang sedang terjadi dan suara apa yang tadi terdengar. Ketika saya bertanya pada suami tentang hal ini, barulah saya tahu bahwa suara tersebut adalah dentuman meriam yang ditembakan dari Alanya castle menghadap ke laut Mediterania. Yang mana dentuman meriam tersebut sebagai tanda memasuki bulan Ramadan.

Saya pun searching tentang dentuman meriam pertanda bulan Ramadan ini di internet. Saya menemukan bahwa dentuman meriam bukan hanya untuk pertanda bulan Ramadan saja. Melainkan juga sebagai pertanda 1 Syawal.



Sungguh tradisi dentuman meriam ini sangat melekat dan selalu saya ingat. Saya senang bisa merasakan tradisi yang sama sekali berbeda dari tanah air. Semoga tradisi ini tetap terpelihara hingga masa yang akan datang.

Alhamdulillah, tahun ini masih diberi kesempatan olehNya untuk bertemu dengan bulan Ramadan. Bulan yang penuh dengan keberkahan. Marilah kita berlomba untuk meraih pahala sebanyak-banyaknya sebagai bekal untuk di akhirat nanti. 

Pada kesempatan ini, saya ingin mengucapkan:

Selamat menjalankan ibadah puasa bagi umat Islam di seluruh dunia. 
Mohon maaf lahir dan bathin.
Have a blessed Ramadan :)

Summer di Alanya,
17 Juni 2015

Dian Akbas


No comments:

Post a Comment

[Jual e-book] Aktivitas Seru Ramadan

Ramadan sebentar lagi... Kita sambut Ramadan dengan suka cita :) Ini lo ada ebook aktivitas yang seru untuk Ramadan. *** Aktivitas Seru Rama...