Step by Step Menulis Buku



Menulis buku menjadi pekerjaan saya sejak beberapa tahun terakhir ini. Saya tidak punya background di bidang kepenulisan, tapi saya menyukai kegiatan menulis. Sejak kecil saya suka menulis diary, sekarang saya suka menulis di blog.

Mungkin sekarang ini saya masih bisa dibilang sebagai penulis amatir karena buku yang berhasil saya tulis masih beberapa saja. Namun meskipun begitu, saya ingin berbagi tentang bagaimana langkah-langkah saya dalam menulis sebuah buku. Silakan disimak step by step berikut ini:

1. Menentukan tema dan judul

Tentunya ketika kita akan menulis sesuatu, harus tahu apa yang akan kita tulis. Mengenai apa tulisan kita. Itulah tema sebuah tulisan. Tulislah tema-tema yang sedang trend atau tema yang selalu trend sepanjang masa. Buatlah judul yang "eye catching" atau menarik perhatian pembaca. Tema harus ditentukan pada awal atau permulaan menulis. Judul pun begitu, namun judul dapat dirubah kapan saja ketika Anda mempunyai ide judul yang lebih menarik.

2. Mencari referensi tulisan

Untuk memperkaya tulisan kita nantinya dan membantu kita dalam membuat tulisan, carilah referensi-referensi yang setema dengan tulisan yang akan kita buat. Referensi dapat berupa buku ataupun artikel-artikel yang tersebar di jagad offline maupun online. Saya biasanya mencari referensi dalam bahasa asing. Agar nantinya menjauhkan saya dari perbuatan plagiat dan copy paste.

Saya suka mencari buku untuk referensi di google books. Di sana banyak ebooks yang bisa dibaca kapan saja tanpa harus mengeluarkan biaya alias gratis..

3. Membuat outline atau daftar isi

Setelah referensi-referensi terkumpul, bacalah secara garis besarnya atau bisa membaca bagian daftar isinya. Hal ini dilakukan untuk membantu kita dalam membuat daftar isi buku kita nantinya. Buatlah outline sedetil mungkin dengan kalimat-kalimat yang menarik.

Daftar isi #WomenpreneurChecklist

4. Mulailah menulis sambil membaca referensi yang telah terkumpul

Menulis sebuah buku harus kontinyu setiap hari. Jika deadline untuk menulis hanya sebulan dan minimal tulisan harus 150 halaman, maka kita harus dapat menentukan minimal tulisan setiap harinya. Misalnya saja sehari menulis 5 halaman, maka dalam sebulan (30 hari) akan didapat 150 halaman.

Perkayalah tulisan yang kita buat dengan membaca referensi yang telah kita kumpulkan. Dan referensi juga dapat menolong kita ketika terjadi writer's block.

Demikianlah step by step menulis yang selalu saya jalani setiap menulis buku. Semoga Anda yang sedang belajar menulis dapat terbantu dengan step by step tersebut.

Selamat menulis!

Musim panas di Alanya
9 Juni 2015
Dian Akbas


No comments:

Post a Comment

[Jual e-book] Aktivitas Seru Ramadan

Ramadan sebentar lagi... Kita sambut Ramadan dengan suka cita :) Ini lo ada ebook aktivitas yang seru untuk Ramadan. *** Aktivitas Seru Rama...