Persaudaraan Indonesia

Kalau ga salah tiga hari sebelum lebaran, saya bertemu dengan orang Indonesia asal Bali. Saat itu menit-menit menjelang iftar. Saya sedang menyiapkan makanan untuk iftar di depan toko. Terlihat ada dua cewe berjalan akan melewati toko kami. Saya berpikir kalau wajah mereka mirip orang Indonesia. Saya melihat mereka dan mereka pun melihat saya (mungkin mereka berpikir sama seperti saya).

Setelah dekat, kami saling melempar halo. Dan kami pun bersamaan bertanya "Indonesia?" Setelah jawaban "Ya" saling kami lontarkan, kami pun refleks berpelukan. Senangnya bertemu dengan saudara senegara di negeri rantau ini.

Kami memang berasal dari pulau yang berbeda, kultur kami juga beda. Bahkan agama kami pun beda. Tapi atas nama Indonesia, kami merasakan persaudaraan.

Indonesia sedang mengalami ujian yang sangat berat.
Keramahan dan sikap toleransi yang sudah mendarah daging apakah sudah meluntur?
Apakah Bhinneka Tunggal Ika masih berlaku?

Marilah kita merenung bersama dan bersatu kembali :)
Indonesia kebangsaanku
Bangsa dan Tanah Airku
Marilah kita berseru
Indonesia bersatu
(penggalan lirik "Indonesia Raya")

Salam persatuan,
Summer di Alanya
20 Juli 2015

Dian Akbas
 


No comments:

Post a Comment

Hati-hati

Beberapa bulan lalu, ada 2 turis cantik (asal finland) datang ke toko saya. mereka masuk seperti yang terburu-buru. melihat-lihat tunik dan ...